gulir untuk menutup!
Example floating
Example floating
Opini Publik

Mengenal Sosok Bupati Bandung Dr. HM Dadang Supriatna, S.Ip., M.Si., Sebagai Bapak Guru Ngaji.

26
×

Mengenal Sosok Bupati Bandung Dr. HM Dadang Supriatna, S.Ip., M.Si., Sebagai Bapak Guru Ngaji.

Sebarkan artikel ini

Baleendah, Idisionline.- Kang DS, panggilan akrab Bupati Bandung Dr. HM Dadang Supriatna, S. Ip., M.Si., Periode 2021- 2026, yang lebih dikenal dengan Bupati Bedas yang karena Visinya dalam membangun kerangka Kabupaten Bandung dalam jabatanya sebagai Bupati Bandung, bertekad membentuk masyarakat Kabupaten Bandung yang BEDAS yaitu masyarakat yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Sejahtera dan Agamis.

Dalam kurun waktu tiga tahun awal masa kepemimpinanya (2021 – 2023), penulis menganggap, Kang DS telah berhasil membuktikan dan mewujudkan Visi yang dicanangkanya yaitu masyarakat Kabupaten Bandung yang BEDAS, dengan melalui 5 misi penjabaran visi Bedasnya itu, Kang DS telah berhasil mensinergikan dan mengkolaborasikan semua potensi yang ada di Kabupaten Bandung, mulai dari unsur Birokrasi Pemerintah (Government), Pengusaha Swasta (Business), Akademisi, Ulama, Organisasi Kemasayarakatan (Ormas), Organisasi Kepemudaan, Media dan lainya dalam konsep PENTAHELIX.

Bupati Bandung. Dr. HM Dadang Supriatna, S.Ip, M.Si. (Bapak Guru Ngaji Kabupaten Bandung)

Dari beberapa program unggulan atau program prioritas Bupati Bandung Kang Dadang Supriatna, yang paling menonjol dan merupakan program mercusuar adalah program etika atau ahlak yaitu dalam rangka memuliakan Ulama dan para guru ngaji dengan Programnya INSENTIF GURU NGAJI, yaitu insentif untuk para Ustadz/Ustadzah yang telah dengan ikhlas mengerjakan Syiar/Da’wah Islam untuk anak-anak masyarakat Kabupaten Bandung dalam upaya membentuk karakter anak- anak Kabupaten Bandung yng berahlakul karimah, Kang DS sangat engapresiasinya.

Terbukti dengan sekitar 17 ribu guru ngaji dan takmir Mesjid di Kabupaten Bandung yang telah menerima manfaat mendapatkan Insentif setiap bulanya dengan Kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan secara gratis, untuk ini, penulis mengatakan sudah sepatutnya, Bupati Bandung HM Dadang Supriatna mendapat gelar BAPAK GURU NGAJI di Kabupaten Bandung, yang karena kecintaanya kepada ulama dan karena upayanya dalam menghormati dan mengayomi Ulama (para guru ngaji).

Info Lainnya   Ada Beberapa Alasan mengapa Munculnya Kasus Kepermukaan Dapat Menyebabkan Kejatuhan?

Prestasi yang sangat memonjol dari Bupati Bandung Kang DS ini, 314 Penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi merupakan bukti kinerja yang unggul selama memimpin Pemwrintahan Kabupaten Bandung yang walaupun baru berjalan 3 tahun.

Kemudian program lainya yang menjadi bukti kemampuan Bupati Bandung Kang DS selain 13 Program unggulan atau program prioritas Pemkab Bandung Bedas, yaitu meningkatnya PAD. (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Bandung yang asalnya dari 940 Miliar Rupiah naik menjadi 1,4 Trlliun Rupiah dan Kang DS pun berhasil mendongkrak APBD kabupaten Bandung dari Rp 5,4 Triliun (2021) menjadi Rp 7,4 Triliun di tahun 2024.

Dalam paparan ini, penulis merangkum 13 program unggulan Bedas yang sudah dilaksanakan atau diwujudkan oleh Kang DS dalam masa jabatanya sebagaubBupatai Bandung. dan 5 misi penjabaran dari program visi Bedas, antara lain;

  1. Insentif Guru Ngaji Berikut BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan
  2. Pinjaman Modal Bergulir Tanpa Bunga dan Tanpa Jaminan Melalui Bank BJB dan Bank BPR Kertaraharja
  3. Pemberian Asuransi dan atau Subsidi Kepada Petani
  4. Insentif Linmas Berikut BPJS Ketenagakerjaan
  5. Insentif RT, RW dan PKK Desa Berikut BPJS Ketenagakerjaan
  6. Peningkatan Siltap / Insentif Pemdes dan BPD Berikut BPJS Ketenagakerjaan
  7. Beasiswa Ti Bupati (BESTI) Untuk Anak-Anak Hafidz Al-Qur’an Dan Anak Berprestasi
  8. Pembangunan 5 Buah Rumah Sakit Daerah ( Kertasari, Cimaung, Ciwidey, Arjasari Dan Bojong Soang )
  9. Pembangunan 7.000 Unit Rutilahu Setiap Tahun
  10. Penambahan Sekolah : 28 Unit SMP Dan Mengajukan 22 Unit SMA Baru Ke Provinsi
  11. Memasukan 3 Muatan Lokal Bandung Pendidikan Untuk TK, SD dan SMP yakni ;
    Pendidikan Pancasila Dan UUD 1945
    Pendidikan Bahasa Sunda dan Budaya Lokal
  12. Mengaji dan Menghapal Al-Qur’an
    Dalam Upaya Membantu Karakter Anak-Anak Berprestasi Yang Berakhlakul Karimah
  13. Penyediaan Mesin ADM ( Anjungan Dukcapil Mandiri )
  14. Insentif Ustadz/ Ustadzah, Takmir Dan Marbot Berikut BPJS Ketenagakerjaan.
Info Lainnya   Regenerasi Politik Pemimpin  Bangsa Di Pusaran Kekuasaan Faktor Eksternal dan Internal KKN Oligarki

Adapun MISI daripada penjabaran visi diatas, antara lain;

  1. Membangkitkan Daya Saing Daerah
  2. Menyediakan layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan merata
  3. Mengoptimalkan pembangunan daerah berbasis partisipasi masyarakat yang menjunjung tinggi kreatifitas dalam bingkai kearifan lokal dan berwawasan lingkungan
  4. Mengoptimalkan tata kelola pemerintahan melalui birokrasi yang professional, dan tata kehidupan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan
  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan prinsip keadilan dan keberpihakan pada kelompok masyarakat lemah.

Semoga rangkuman dari tulisan mengenal Bupati Bandung Dadang Supriatna (Kang DS) ini, menjadi salah satu literasi masyarakat Kabupaten Bandung untuk mengenal secara objektif tentang prestasi Bupati Bandung Dr. HM Dadang Supriatna.**

Penulis Didin Samsudin (Pemred Idisionline)
Dari berbagai sumber.

Example floating
Example floating