gulir untuk menutup!
Example floating
Example floating
Desa & Kelurahan

Pemdes Mangunharja Harus Rela Terlilit Hutang Puluhan Juta Akibat Gagal Bangun Dewi?

13
×

Pemdes Mangunharja Harus Rela Terlilit Hutang Puluhan Juta Akibat Gagal Bangun Dewi?

Sebarkan artikel ini

Kab. Bandung idisionline.com,- Rencana Pemerintahan Desa (Pemdes) Mangunharja Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, untuk miliki Desa Wisata (Dewi), harus tertunda bahkan Pemdes terancam terlilit hutang puluhan juta.

Hutang Pemdes Mangunharja kepada pihak ketiga yang disebut sebut akan jadi investor Dewi itu, diketahui untuk membiayai pariwisata para ketua RT/RW dan perangkat Desa ke Pangandaran.

Ihwal tersebut terungkap dan diakui Sekretaris Desa Mangunharja, Iwan Setiawan saat dikonfirmasi awak media di ruangannya, Selasa (28/05).

Iwan membeberkan persoalan yang kini tengah dihadapi Pemdes, yang harus mengembalikan uang bekas pariwisata itu.

“Memang benar kini Pemdes Mangunharja miliki hutang kepada Ade senilai 85 juta, bekas biaya pariwisata para krtua RT/RW dan perangkat Desa ke Pangandaran dalam rangka merumuskan pembangunan Desa Wisata”Beber Ade.

Lebih lanjut Sekdes menandaskan bahwa hal tersebut tengah dalam tahap musyawarah kembali untuk penyelesaian.

“Kami fikir harus dimusyawarahkan kembali mengenai nominalnya, karena sudah ada sejumlah pengembalian. Nilainya pun tidak sepadan dengan fasilitas wisata itu” tandas Iwan.

Senada dengan Iwan, Kades Mangunharja Deden Toha juga menerangkan Ikhwal rencana pembangunan Desa Wisata tersebut.

“Awalnya kami ingin miliki Desa Wisata, diperkuat dengan adanya keinginan warga untuk pariwisata ke Pangandaran. Anggaran pariwisata tersebut diakomodir oleh investor bernama bos Ade. Sayangnya ada kendala hingga impian untuk miliki Desa wisata belum terwujud”ucap Deden.

Ditambahkan Deden biaya akomodasi yang diberikan Bos Ade kini malah jadi hutang Pemdes.

“Akhirnya pihak Pemdes harus mengembalikan seluruh biaya yang dipakai pariwisata itu. Insyaallah akan kami selesaikan, namun harus ada perhitungan yang jelas” imbuh Deden.

Wisata di Pangandaran yang digelar Desa Mangunharja tersebut terindikasi adanya mufakat untuk memuluskan pembangunan Desa Wisata, kendati  gagal dan Pemdes harus menanggung beban hutang

***Heryawan /Red

Example floating
Example floating