gulir untuk menutup!
Example floating
Example floating
AdvertorialPrestasiRagam

Travelling Bagi Dery Triyana Content Creator Asal Kuningan

11
×

Travelling Bagi Dery Triyana Content Creator Asal Kuningan

Sebarkan artikel ini

Kuningan, Idisi Online,- Dery Triyana merupakan seorang traveller dan content creator yang dikenal aktif mengabadikan momen-momen berpetualang melalui media sosial. Di balik serunya berpetualang, ternyata banyak pengalaman unik dan berkesan yang begitu melekat di memori.

Sejak keluar SMA, Dery seorang Content Creator asal Kuningan Jawa Barat memilih aktif berbagi momen ekspedisi sekaligus membangun personal branding melalui media sosial. Penasaran dengan cerita seru Dery Triyana berkecimpung dalam dunia travelling? Simak perjalanan yang dibagikannya bersama awak media pada Jum’at (31/5/2024) di bawah ini.

Kecintaannya terhadap alam memang sudah mendarah daging. Nyatanya, hasrat travelling semakin memuncak sesudah keluar sekolah SMA 2018 lalu.

Travelling mengajarkannya membangun karakter. Mau tidak mau, traveller ditempa dengan kondisi serba terbatas. Kondisi ini yang mendorong traveller untuk berkomunikasi, beradaptasi dengan segala perubahan di lapangan, tidak berekspektasi, dan melawan diri sendiri.Banyak sekali pengalaman unik dan berharga yang ia temukan selama travelling.

Dery sempat mengatakan bahwa setiap tempat punya keunikannya masing-masing. Semakin sering berpetualang, ia semakin haus mengenal daerah dan keunikan lainnya.

“Indonesia itu ternyata luas banget setelah pergi ke beberapa tempat. Ternyata Indonesia itu bukan cuma Jawa, jadi di berbagai tempat itu lebih indah. Misalkan ngomongin Jawa kan lebih ke ekonomi yang mapan. Cuman kalau untuk melakukan perjalanan dan petualangan mencari keunikan itu di luar Jawa, justru lebih keren menurut saya, lebih beragam,” tuturnya.

Semua dituangkannya dalam bentuk konten video seperti mini vlog atau semi dokumenter melalui kanal YouTube pribadinya. Menurutnya, foto hanya sekadar gambar diam sehingga orang akan terbatas menceritakan suatu pengalaman melalui tulisan.

“Disamping saya hobby videography, saya juga pengen mengabadikan aset Indonesia. Entah itu keindahan alamnya, budayanya, keramahtamahan penduduknya. Jadi pengen mengabadikan aset indonesia aja untuk cerita nanti, entah untuk saya dan keluarga atau bisa bermanfaat buat banyak orang,” jelasnya.

Info Lainnya   Bupati Dadang Supriatna Gelar Silaturahmi dengan Ratusan Ulama se-Kabupaten Bandung

Hal ini juga berkaitan dengan keresahan Dery terhadap kondisi alam. Ia punya kegelisahan tentang orang-orang yang tidak bisa menjaga alam dengan baik. Menurutnya, setiap orang harus punya rasa memiliki agar alam tetap terjaga.

“Tanggung jawab utama bukan sepenuhnya pengelola, tetapi kita juga harus punya rasa memiliki juga. Jangan berbuat di luar nalar kita lah,” ungkapnya.

Dery menjelaskan bahwa prinsip utamanya adalah harus menyukai terlebih dahulu apa yang kita kerjakan. Lalu, mulai mengenali potensi diri dan kemampuan yang kita punya.

“Kebetulan aku mempunyai skill atau kemampuan di bidang fotografi dan videografi, ya kita gali di dua bidang itu dari skill dan behavior,” jelasnya.

Kemudian, mencari referensi yang serupa dan terapkan ilmu ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Caranya bisa dengan membuat karya orisinil sesuai karakter diri sendiri. Jangan lupa untuk update tren media dan mengikutinya.

Tujuannya untuk menjaga eksistensi karena telanjur terjun ke dunia digital. Ia juga menekankan pada ide, konsep, merekam, bikin video, punya ilmu editing, serta punya ilmu marketing untuk mempromosikan diri agar karya ditonton.

“Kita harus punya relasi, gimana caranya kita bekerja sama dengan brand dan orang lain. Jadi memang harus multitasking, dari yang dulunya bekerja di perusahaan sesuai jobdesc, ketika kita memutuskan menjadi konten kreator, kita harus multitasking,” pungkas Dery. Terakhir, kuncinya adalah mencoba dan konsisten. Untuk konsisten itu gak mudah, lho!

Bagi orang yang baru memulai perjalanannya mengabadikan momen terindah, ada beberapa hal dasar yang wajib kamu ketahui. Pertama, harus riset dulu dan ini berlaku untuk setiap jenis travelling, gak hanya ke gunung.

Selain beradaptasi, Dery mengingatkan bahwa travelling sama dengan menekan ego. Bukan gunungnya yang ditaklukkan lho, karena gak ada yang bisa menaklukkan gunung.

Info Lainnya   Bupati Bandung Luncurkan Bewara DS, Layanan Internet Publik Gratis se-Kabupaten Bandung

Menurutnya, perjalanan berpetualang ini sama dengan berjuang melawan diri sendiri.Demikian perjalanan singkat Dery Triyana dalam mengabadikan momen-momen terindah. Semoga kamu bisa belajar banyak hal baik dari ceritanya. Semoga menginspirasi, ya!

Penulis : Rohmat Yusuf

Example floating
Example floating